Daerah

HUT Ke-66, Prajurit Kodam IX/Udayana Datangi Tempat Raja Udayana Mensucikan Diri

GIANYAR, MataKompas.com | Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 66, Kodam IX/Udayana menggelar acara Syukuran yang dilaksanakan di Pura Mengening Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, pada Sabtu 27 Mei 2023. Dipilihnya Pura Mengening Tampak Siring sebagai tempat acara syukuran HUT Kodam IX/Udayana dikarenakan nilai historis yang dimiliki tempat tersebut sebagai tempat Raja Udayana mensucikan diri sebelum moksa atau terlepas dari ikatan keduniawian.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., menyampaikan bahwa dalam memperingati HUT ke 66, Kodam IX/Udayana telah melaksanakan kegiatan Pitra Puja I Gusti Ngurah Rai, Penjamasan Pataka di Pura Durga Kutri, Ziarah ke Taman Pujaan Bangsa Margarana, Matur Piuning dan Syukuran di Pura Mengening. Kemudian, pada tanggal 28 Mei 2023 besok, Kodam IX/Udayana juga akan menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial dan Turnamen Golf.

“Kepada segenap Prajurit, Pegawai Negeri Sipil dan Keluarga Besar Kodam IX/Udayana saya mengucapkan selamat ulang tahun, terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang telah diberikan selama ini kepada Kodam IX/Udayana, TNI, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, ujar Pangdam.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam, bahwa Kodam IX/Udayana memiliki program unggulan “Praja Raksaka Peduli Rakyat” yang diwujudkan dalam Miniatur Program Binter Unggulan TNI AD di Desa Sumlili, Kupang. Beberapa program unggulan yang dikerjakan dalam satu kawasan tersebut sangat relevan dengan Tema Peringatan HUT ke 66 Kodam IX/Udayana Tahun 2023 yaitu “Kodam IX/Udayana Hadir di Tengah Masyarakat untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat dan Ciptakan Masyarakat Bali Nusra Aman, Damai dan Sejahtera”.

“Kita semua tentu berharap, makna yang terkandung dalam Tema Peringatan HUT ke 66 Kodam IX/Udayana dapat menjadi inspirasi dan motivasi seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil dan Keluarga Besar Kodam IX/Udayana dalam memberikan karya dan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara. Jadikan momentum HUT kali ini untuk melakukan introspeksi diri terhadap pelaksanaan tugas selama kurun waktu satu tahun terakhir”, demikian pungkas Pangdam.

 

Bertepatan dengan acara syukuran HUT ke 66 Kodam IX/Udayana kali ini, dilaksanakan juga pemberian penghargaan kepada Prajurit Kodam IX/Udayana yang berprestasi. Pangdam mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada para prajurit yang telah menunjukkan semangat, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, mengabdikan diri untuk mengangkat citra TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam IX/Udayana.

Selain itu, dilaksanakan juga Launching Lagu Hymne Kodam IX/Udayana yang ditandai dengan pemberian Penghargaan kepada Gede Lanang Darma Wiweka (Mr. Botax) beserta tim selaku pembuat aransemen dan yang mempopulerkan Hymne Kodam IX/Udayana. Diketahui pencipta Hymne Kodam IX/Udayana merupakan anggota dari Ajendam IX/Udayana bernama Serda Adi Tapa Yudha turut pula diganjar penghargaan oleh Pangdam.

Acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam IX/Udayana dan diikuti melalui vidcon oleh seluruh satuan jajaran tersebut juga dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Para Danrem Jajaran Kodam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para LO Kodam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Ketua Persit KCK PD IX/Udayana beserta pengurus, dan undangan lainnya. (Red/Aj).

Pendam IX/Udayana.

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button