Daerah

Kapolri Tito Karnavian Copot Kapolda Papua Rudolf Alberth Rodja

Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja. 

JARRAKPOS – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja sebagai Kapolda Papua.

Dia diganti oleh Irjen Paulus Waterpau yang sebelumnya menjabat Analisis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara Rudolf dimutasi dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Mutasi pejabat kepolisian ini tercantum dalam surat telegram nomor ST/2569/IX/KEP/2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi ini tidak berkaitan dengan kerusuhan di Papua selama sebulan lebih. Kerusuhan itu dipicu oleh kasus rasialis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

“Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi polri sebagai tour of duty dantour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka peningkatan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” kata Dedi.

Untuk diketahui, rentetan kerusuhan di beberapa wilayah di Papua telah terjadi selama sebulan lebih sejak kasus rasial dalam pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya membesar menjadi kerusuhan. Hingga kini kerusuhan tersebut telah mengakibatkan puluhan korban jiwa.

Akibat peristiwa itu polisi menetapkan sejumlah aktivis yang membela Papua telah sebagai tersangka seperti Veronica Koman, Ambrosius hingga Surya Anta.

 

Sementara dari pihak pelaku rasial baru menetapkan  Syamsul Arifin (SA) menjadi tersangka ujaran rasis terhadap mahasiswa Papua, sedangkan Tri Susanti menjadi tersangka ujaran kebencian dan penyebaran berita bohong. 

Jarrakposkupang.com

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button