Daerah

Lestarikan Budaya Adi Luhung, Desa Karangan, Badegan Gelar Kirab 1000 Obor

 

Ponorogo, MATAKOMPAS.COM-, Dalam memperingati perayaan Grebeg Suro dan HUT Republik Indonesia ke 77, Pemerintah Desa Karangan, Kecamatan Badegan gelar Kirab Obor pada Kamis malam (4/8/2022).

Kirab seribu obor sendiri diikuti oleh 3500 lapisan masyarakat dari 38 RT, Dimulai start dari Balai Desa Karangan menuju makam punden Jati Kandang yang merupakan makam tokoh babad desa setempat dengan melakukan doa bersama.

Kesakralan sangat terasa kental, selain masyarakat yang hadir membawa obor juga terpasang nyala obor di sepanjang jalan menuju makam punden jati kandang.

Dalam keterangannya Kades Desa Karangan yang akrab dipanggil Iput menjelaskan bahwa kegiatan Kirab Seribu Obor ini merupakan agenda tahunan dan terselenggaranya kegiatan ini merupakan murni dari hasil swadaya warga masyarakat.

“Filosofi obor sendiri bermakna untuk menerangi jiwa raga, pikiran dan hati yang selaras serta sebagai simbol mengobarkan semangat kehidupan,”terangnya.

Sementara itu Bupati Sugiri Sancoko sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kirab obor di Desa Karangan merupakan budaya yang adi luhung.

 

“Ini membuktikan bahwa warga Desa Karangan sangat menjunjung tinggi adab guyub rukun, gotong royong” ungkapnya.

Bupati Sugiri Sancoko berharap agar kirab obor ini agar terus dilestarikan untuk menguri uri budaya jangan sampai lupa akan peningggalan leluhur.(nov)

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button