Daerah

Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Provinsi Bali Tahun 2024, Danrem 163/Wira Satya Pimpin Apel Gelar Pasukan

DENPASAR, MataKompas.com | Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Ida Bagus Ketut Surya Wedana memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Provinsi Bali Periode Tahun 2024-2029 di Lapangan Korem 163/Wira Satya, Jumat (31/5/2024).

Dalam arahannya, Danrem 163/Wira Satya mengatakan bahwa pada tanggal 27 November 2024 bangsa Indonesia akan melaksanakan Pilkada serentak di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota, termasuk di wilayah Kodam IX/Udayana terutama di Provinsi Bali.

“Perlu dipahami bahwa pemilihan langsung secara demokratis merupakan hak dasar setiap warga negara yang dijamin oleh konstitusi. setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara dengan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai peraturan perundang-undangan”, ucapnya.

Beliau menambahkan dalam rangka menjamin hak tersebut, diperlukan adanya mekanisme dan sistem pengamanan yang efektif, agar setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya secara bebas dan tanpa intimidasi. Hal ini penting untuk menjaga integritas dan keadilan dalam proses pemilihan langsung yang demokratis.tegasnya.

“Berkaitan dengan hal tersebut, TNI yang secara perundang-undangan memiliki tugas dalam membantu Polri dan Pemda akan terlibat secara langsung dan berperan aktif mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak nasional termasuk di wilayah Korem 163/Wira Satya”, tegasnya.

 

“Dengan demikian saya selaku Danrem 163/Wira Satya menghimbau sebagai prajurit TNI untuk selalu menjunjung tinggi netralitas TNI dimanapun berada, hindari hal-hal yang bersifat politik praktis dan segala bentuk potensi yang akan memecah belah sinergitas TNI-Polri”, pesanya.

Danrem mengatakan bahwa TNI tidak dapat berdiri sendiri dalam mengarungi segenap tantangan tugas untuk menjaga kondusifitas diwilayah Bali. untuk itu kita bergerak bersama dengan seluruh komponen masyarakat dan terus mengharapkan adanya partisipasi dari tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama untuk menghadirkan kundusifitas bagi seluruh masyarakat. karena sejatinya para tokoh setempat memiliki peran penting dalam struktur sosial masyarakat.

Selesai menerima pengarahan dari Komandan Korem 163/Wira Satya dilanjutkan Inpeksi pasukan (mengecek dan memeriksa kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada Provinsi Bali Periode Tahun 2024-2029).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Korem 163/Wira Satya, Kasi Ren Korem 163/Wira Satya, Para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, Dan/Ka balak ajurem 163/Wsa, Para Dandim, Danyon 741/Garuda Nusantara, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil. (AJ).

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button