Daerah

The Republic Institute : Eletabilitas Sugiri Ungguli Ipong

PONOROGO-Hasil penelitian dari Fatckhul Mujib, kandidat Doktor Charles University Praha Republic Ceko dengan melakukan survey pada masyarakat Ponorogo terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati menjadi perhatian tersendiri.

Menurut Sufyanto, Founder The Republic Institute, Kamis (3/12) survey ini menggunakan teknik pengambilan sampel multi stage Random Sampling dengan jumlah sample sebanyak 600 responden tersebar di 21 kecamatan. Dilakukan pada tanggal 22 hingga 30 November 2020, dengan margin error sebesar 3,8 persen “Jadi ini benar benar penelitian untuk kandidat Doktor Charles University Praha Republic Ceko dari Fatchul Mujib. Hal itu disebabkan, pilkada di Ponorogo sangat baik untuk dicermati,”paparnya.

Hasilnya, lanjutnya, elektabilitas pasangan calon Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, mengungguli Patahana dengan selisih cukup signifikan, yakni terpaut 10,2 %. Sebagaimana elektabilitas pasangan Sugiri Sancoko dan Lisdyarita mencapai 52,7% sedangkan Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono sebesar 42,5 % dan terdapat 4,8 % suara menyatakan tidak tau.

Ia menambahkan, secara mengejutkan calon petahana tertinggal hingga lebih 10 % hal itu terdapat faktor atau variable utama yang menyebabkan incumbent tidak lagi memperoleh simpati kesukaan dan pilihan bagi masyarakat Ponorogo untuk melanjutkan kepemimpinan pada periode kedua. “Menurut analisis kami, faktor utama yang mengalihkan pilihan masyarakat adalah kinerja Bupati diberbagai sektor penting yang dinilai kurang maksimal, karena kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati tergolong rendah, yaitu 60,2 %,”paparnya.

Dengan selisih 10 persen, katanya yang memiliki pengalaman dibidang riset voting behavior dengan sisa waktu pencoblosan kurang 6 hari, maka akan sulit bagi lawan untuk menyusul keadaaan atau peluangnya sangat kecil. “Meskipun masih ada peluang bergeser hasilnya, baik bagi Paslon nomor urut 1 maupun Paslon nomor urut 2,”tandasnya.

“Dari sisi popularitas, kedua Cabup sudah sangat populer dikalangan pemilih. Cabup nomor 2 masih tertinggi sebesar 97,2%, sementara Paslon 1 sebesar 96,8%. Untuk liketabilitas, Paslon 1 93% dan Paslon 2 sebesar 85,3%,”terangnya.(Dedy)

 

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button