Daerah

LPM dan Pemerintahan Desa Kesiman Petilan Gelar Lomba Penjor Galungan

DENPASAR, Matakompas.com | Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Galungan, penilaian Lomba Penjor Galungan se-desa Kesiman Petilan Kecamatan Denpasar Timur.

Lomba Penjor Galungan yang ke-24 kalinya ini diadakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Pemerintahan Desa (PemDes) Kesiman Petilan sebagai program Lomba rutin setiap hari Raya Galungan.

Acara Lomba Penjor Galungan diawali dengan Pembukaan Oleh Ketua BPD Kesiman Petilan, I wayan Rudita. ST dan dilanjutkan dengan penilaian yang dimulai dari Banjar Saraswati dan berakhir di Banjar Kedaton.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Desa Kesiman Petilan, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM dan Anggota, Kadus (Pelaksana Wilayah) se-Desa Kesiman Petilan, serta Kasi pelayanan dan Staff, yang ikut berkeliling meninjau penilaian lomba Penjor.

 

Foto : Ketua LPM Desa Kesiman Petilan (Tengah)
Foto : Ketua LPM Desa Kesiman Petilan (Tengah)

Dalam keterangannya, Ketua LPM Desa Kesiman Petilan I Gede Yogi Pramana, S.E., mengatakan, Kegiatan Lomba penjor ini selain memeriahkan perayaan Hari Raya Galungan juga merupakan program pelestarian Budaya dari PemDes Kesiman Petilan dan sebagai penghargaan atau apresiasi seni dan kreatifitas warga dalam berkarya saat menyambut Hari Raya dengan “Memenjor”.

 

“Lomba kali ini diikuti oleh 17 peserta dari perwakilan banjar-banjar se-Desa Kesiman Petilan dan ada 3 orang juri dari praktisi penjor yang disiapkan oleh panitia”, kata Yogi Pramana.

Dikatakan, kreteria Lomba penjor kali ini masih tetap seperti tahun lalu, menggunakan bahan-bahan Alami dan dilarang keras menggunakan Sterofoam, dan daun lontar ( Don Ental). Penilaian Penjor dititik beratkan kepada Kreatifitas seni, komposisi dan keserasian hiasan Penjor.

Dari hasil rapat penentuan juara oleh ketiga tim Juri, ditetapkan sebagai juara Lomba Penjor Galungan sebagai berikut :

Juara 1 peserta Dari Banjar Kedaton, Juara 2 Peserta dari Banjar Meranggi, Juara 3 Peserta dari Banjar Abian Nangka Kelod.

Juara Harapan 1 Peserta dari Banjar Dukuh, Juara Harapan 2 Peserta dari Banjar Abian Nangka Kaja, Juara Harapan 3 Peserta dari Banjar Kehen. (Agus/red).

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button