Daerah

Wujud Tanggung Jawab Bebas Pasung Bupati Resmikan Ruang Inap Jiwa

PONOROGO-MataKompas.com- Penuhi harapan masyarakat untuk serius menangani warga yang alami gangguan jiwa. Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko membuat ruang inap jiwa di RSUD Dr Harjono.

Ruang yang berada di gedung Wijaya Kusuma ini diresmikan langsung Bupati. Termasuk disaksikan Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita serta sekda, Agus Pramono dan direktur RSUD, Dr Made Jeren.

”Ini salah satu upaya kita untuk memberikan penanganan berkelanjutan. Jadi tidak perlu dibawa keluar kota, cukup ditangani disini saja,” kata Bupati usai memotong pita persemian ruangan (7/6).

Bupati juga mengapresiasi pihak RSUD karena bisa menyulap ruangan menjadi ruang inap jiwa dalam waktu tiga minggu saja. ”Ini juga berkat kerja keras RSUD dalam membantu program bupati,” tuturnya.

Ruang rawat inap ini bisa menampung 10 pengidap gangguan jiwa. Termasuk lengkap dengan bed dan pendinginan ruangan. Bahkan dibawah tempat tidur juga diberikan selokan kecil yang tembus dengan toilet. ”Desainnya memang untuk pengidap gangguan jiwa,” jelas Bupati.

Selain sudah memiliki poli dan ruang rawat inap. RSUD Dokter Harjono juga sudah memiliki dokter jiwa. Sehingga penanganan bisa maksimal.

Adanya ruang rawat jiwa, diharapkan target pemerintah zero pasung benar benar tercapai. Karena dengan memasung orang dianggap tidak manusiawi.

 

”Zero pasung jadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat bersama. Ruang ini juga untuk saudara kita yang alami gangguan jiwa,” tambah Wabup, Lisdyarita. (pn/dd)

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button